Selasa, 06 Agustus 2013

Tradisi Mudik Asyiik..

Alhamdulillah, tidak terasa sudah masuk hari ke Ramadhan hampir berakhir. 2 hari lagi menuju hari kemenangan, tapi saya masih masuk kerja, hari ini terakhir. Pekerjaan dah kelar, minta ijin setengah hari ga diijinin padahal kan aku mau mudiiiik :D.., sekarang tinggal nunggu waktu pulang. berasa lamaaa pake banget, hehehe..

mau critaa..
tiap lebaran, moment yang aku suka itu saat mudik ke rumah mbah. bersyukur aku masih punya kampung halaman. ga tau kenapa ya, jadi moment yang ga boleh dilewatkan. mau dimana aja harus pulang ketemu mbah, walau itu ga sama mamah mudiknya. tetep harus pulang. walau deket mudiknya pun. tetep pulang. selalu nyaman pulang ke rumah mbah. sampe pada heran kenapa sih keukeuh banget pengen mudik, suka disindir ma sepupu aku kalo disana ada kecengan masa kecil aku.hahaha.. memang ada.tapi bukan itu alasanya, yaah.. mungkin alasan diurutan kesekian :D .. tapi yang pasti feel like home. ^_^

Aku suka perjalanan pulang ke rumah mbah, walau jauh dari keramaian pusat kota. hanya merasa nyaman kalau dah dirumah. berasa jadi kecil lagi. walau dulu saat pernah pindah sekolah disana selama 2 taun. Awalnya ngerasa jadi anak yang gimanaaa.. gitu. Dah pake bahasa sehari2nya bahasa jawa yang ngapak. tapi mbah aku ga maksain aku buat belajar mengerti bahasa mbah. Mbah yang beradaptasi dengan aku menggunakan bahasa Indonesia. walau kadang suka campur-campur gitu bahasanya. pernah tuh waktu itu mbah lagi nyari lauk buat aku makan. mbah nanya 

"nop, tahu'nya mau pake duduh tidak?"
aku langsung menggeleng pasti, karena aku ga tau makanan seperti apa itu duduh, aku jawab
"mau sama tahu ma kuahnya aja, mbah" 
eh kumpulan mbah2 yang ada disana malah ngetawain, katanya duduh itu ya kuah.. diih ya aku kan ga tau, aku jadi ikutan ketawa aja. kan mbah tadi bilangnya duduh. 

hmm.. aku suka moment mudik karena aku bisa bersama mama, bisa dekat dengan mama, tidur dipangkuan mama. hehehe aku kan suka mabok kendaraan tuuuh.. jadi suka siap2 minum obat anti mabok yang bikin tidur diperjalanan. kalo di bus yah.. aku seneng bisa curcol ma mama. ini jarang terjadi. karena biasanya kita sibuk sendiri. jarang da waktu bersama. kami juga punya ritual mampir ke tempat baso langganan, tiap pulang ke mbah ya, walau itu bukan mudik lebaran. kayak mudik pas libur sekolah gitu. 

kok saya jadi ga tau pasti ya kenapa saya suka mudik. hmm.. dulu waktu di tinggal dirumah mbah, hal yang paling ditunggu2 ya saat bisa berkunjung bertemu mama di kota tetangga. sekolah libur pun langsung menyusun rencana untuk pergi kesana. walau ustadz aku bilang ngaji'nya ga libur. tetep aja aku mau ketemu mama atau menunggu mama datang menjemput dengan berbagai barang bawaannya.

Tapi sekarang giliran jauh ma mbah, aku malah selalu ingin pulang ke mbah. kangen suasananya. kangen dimarahin mbah, kangen juga ma ponakan2 aku yang selalu menanyakan " mba kapan pulang?" hahaha..
berasa dibutuhin. kangen...padahal kalo ada aku, mereka selalu direpotin loh, entah disuruh beli apa, nganter kemana, tapi mereka mau aja nemenin. mau aja ngebantuin. malah ngajakin. karena tiap pulang biasanya aku musti mampir ke tempat wisata di daerah mbah, dengan jalan kaki naik ngunung lewati lembah, pernah juga ngitarin danau pake perahu. berburu matahari terbit. seru bermain dengan mereka. walau kadang si inu. keponakan aku yang paling kecil yang paling bawel and cengeng. suka ngeselin juga, tapi kalah egoisnya ma aku. hahaha... maklum ga biasa berbagi. salut ma hanif kakak'nya yang sabar banget ngadepin inu. kalo aku jadi kakaknya dah berantem aja kayaknya. walau aku dah segede ini juga. hahhahaha

Pokoknya selalu seru mudik itu rame dijalan yang padat merayap kendaraan dengan tujuan sama "pulang kampung", melihat orang2 dengan wajah letih namun penuh pengharapan untuk sampai ke kampung halaman.  Oh hanya lebaran yang mampu membuat orang2 ini tergerak untuk menempuh perjalanan jauh. hanya untuk berkumpul bersama keluarga. apalagi buat para perantau, ga ada pun pasti diada-adain. 

Dan di moment ini juga aku bisa melihat kebahagiaan diraut wajah mbah , kesempatan yang Allah berikan untuk dapat berkumpul bersama anak2 kebanggaannya, mantu-mantu'nya, cucu-cucu, serta cicit2nya dalam satu rumah, dan satu suasana. Lebaran. 

Happy lebaran 1434 H




Tidak ada komentar:

Posting Komentar